Gubernur Sulsel: Lagu Daerah Mengandung Makna yang Dalam

By Admin

nusakini.com---Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, membuka secara resmi Festival Lagu Daerah, yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 348 Provinsi Sulsel. Festival yang diikuti ratusan peserta ini diselenggarakan di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (16/10). 

Syahrul dalam sambutannya, mengatakan, lagu-lagu daerah Bugis Makassar harus terus dilestarikan. Selain indah didengar, tetapi juga mengandung makna yang dalam. 

Ia mencontohkan, lagu dari Anci Laricci (almarhum), yang berjudul Tena Ruanna atau Tiada Duanya. Menurutnya, lagu itu menceritakan filosofi orang Bugis Makassar yang menjunjung tinggi Siri na Pacce, dimana tidak boleh ada siapapun yang boleh menyakiti orang lain. 

"Kalau kita gubernur, jadilah gubernur yang baik. Masyarakat akan memberikan kita segalanya, tapi jaga harga diri mereka. Sehingga bagi rakyat, kita ini tidak ada duanya," ujarnya. 

Di hadapan para peserta dan undangan yang hadir, Syahrul mengingatkan untuk tidak bermain curang dalam perlombaan. Menang dan prestasi adalah sesuatu yang luar biasa, tetapi lebih penting lagi dari kemenangan adalah menang dalam kebenaran. 

"Ibarat pilkada, kalau menang tapi curang, itu bukan kemenangan. Apa yang diraih itu dikalikan nol, dan tidak bermakna apa-apa," pungkasnya. 

Diketahui, Festival Lagu Daerah ini diikuti perwakilan OPD lingkup Pemprov Sulsel, pemerintah kabupaten kota se Sulsel, hingga BUMN. (p/ab)